Jumat, 18 Maret 2016

BACK-END GAME DENGAN CLOUD COMPUTING MICROSOFT AZURE

MEMBUAT BACK-END GAME ONLINE DENGAN CLOUD COMPUTING MICROSOFT AZURE

GAME merupakan bagian yang fundamental dalam perkembangan teknologi dari waktu ke waktu game terus berkembang dari awalnya hanya stand alone application dan terus berkembang sampai online colaborative game :D 
membuat game online

sebagai developer dan calon developer(seperti saya :D) mengembangkan game memiliki kesulitan tersendiri baik aspek market maupun compleksitas...

pasar game terus menuntut agar setiap game lebih baik bahkan HARUS bisa online (dikira bikin game online gampang apa kwkwk :D ) ...

nah di era CLOUD COMPUTING  ini mengONLINE kan game seharusnya tidak menjadi terlalu rumit hal hal yang mendasar seperti websocket server storage dan security sudah tersedia dengan baik di CLOUD COMPUTING terutama MICROSOFT AZURE ...

lalu apa saja yang di butuhkan untuk membuat GAME MENJADI ONLINE atau membuat GAME ONLINE tersebut...

berikut saya rangkumkan untuk sobat sobat :D

1. Siapkan database untuk menampung data GAME ONLINE

hal ini sangat penting dan harus disiapkan dari awal dari mulai perencanaan data apa saja entitas apa saja yang akan terlibat sampai data flow diagram dari perpindahan data yang penting dalam GAME ONLINE yang akan kita buat di Cloud Computing Microsoft Azure sudah terdapat banyak sekali database yang bisa digunakan untuk menampung data game online baik SQL maupun noSQL database

2. Siapkan Tranfer tool dan server untuk GAME ONLINE

server adalah jembatan antara anda dengan client atau client dengan client.
biasanya anda dapat menggunakan VPS namun akan mengalami banyak kesulitan dalam configurasi VPS tersebut terlebih banyak hal yang harus di siapkan dalam mengonlinekan game anda :D

hal hal teknis yang di butuhkan dalam server GAME ONLINE sudah terinclude dalam MICROSOFT AZURE CLOUD COMPUTING serverti network system websocket http request configuration
untuk lebih jelasnya bisa di baca disini

3. SIAPKAN BANDWIDTH YANG CUKUP AGAR CLIENT ANDA NYAMAN


 ini yang kadang bikin sering kesel ngeleg alias DELAY masalah ini umumnya di alami pada jaringan client yang tidak memiliki bandwidth yang cukup dan akhirnya data akan DELAY dan yang terjadi adalah stress yang berkepanjangan :D hal sederhana ini tidak akan mempengaruhi game anda dan popularitas game anda namun lain hal jika buka game lain normal dan buka game anda malah NGELEG nah ini baru masalah 

biasanya sebuah server game akan membutuhkan scaling bandwidth yang canggih kenapa ?
ya untuk menjaga agar setiap client mendapatkan bandwidth yang sama rata dan stabil :D

di MICROSOFT AZURE juga ada fitur autoscaling untuk scale up dan scale out agar mudah jadi tinggal set diemin udah deh ga ribet lagi mikirin scaling bandwidth di server:D

segitu aja yang saya bisa share mungkin selanjutnya akan saya share lebih banyak tentang web socket dan porting web online pada cloud computing :D

sekian terimaksih :)

semoga bermanfaat :)

 

Related Articles

4 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.